Selasa, 16 Desember 2008

Makanan Penghambat Penyakit Kanker

Kita sudah sering mendengar bahwa pencetus seseorang terkena penyakit kanker salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat. Dan terlalu banyak makan makanan yang sudah diolah. Tidak ada salahnya jika Anda menyimaknya, tentang makanan yang baik untuk mencegah atau menghambat terkena penyakit kanker.

Makanan murah tempe ini mengandung zat obat yang termasuk dalam kelompok isoflavonoid, terutama genistein dan daidzen.
Senyawa tersebut dapat mencegah tumbuhnya sel kanker yang berkaitan dengan hormon, khususnya kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria.

Makan tempe setiap hari merupakan kebiasaan yang sangat baik. Selain tempe, senyawa antikanker tersebut tersimpan di dalam tahu dan susu kedelai, sekalipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Baik sekali jika kita mulai membiasakan mengudap kedelai sangrai, baik kedelai putih maupun hitam.
Bayam, wortel, brokoli, kol, tomat merah, dan strowbery merupakan sayuran dan buah yang banyak mengandung zat penangkal kanker. Bahkan konon para perokok atau mantan perokok, makanan tersebut mampu memangkas risiko kanker paru-paru. Selain disantap sebagai masakan, sayuran bisa dikonsumsi sebagai jus. Strowbery bisa dimakan segar, dibuat jus, atau disantap bersama
sereal.

Kekurangan asupan selenium berpotensi menumbuhkan sel kanker, terutama kanker paru-paru, kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar, kanker empedu, kanker otak, kanker leher. Dengan asupan selenium yang cukup, kemungkinan tumbuhnya kanker tersebut dapat dibabat.

Selenium terutama banyak terdapat dalam ikan laut, seperti salem, tongkol. Keberhasilan kerja senyawa obat tersebut sangat ditentukan pula oleh kecukupan sediaan vitamin C dalam darah. Karena itu, konsumsi makanan kaya vitamin C harus ditingkatkan pula, seperti jambu biji, jeruk, pepaya, belimbing, mangga, nanas, sirsak, lalap sayuran mentah.(***/stw)

sumber: www.dietorganik.co.cc

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar